Selasa, 08 Maret 2011

e-Reader Lokal Mendorong Budaya Membaca



JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri budaya membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Selain faktor ketersediaan buku yang masih belum merata di semua daerah apalagi sampai ke pelosok, harga buku yang rata-rata masih mahal belum terjangkau semua orang.

Nah, untuk mengatasi hambatan tersebut, e-reader atau aplikasi untuk membaca buku dalam bentuk digital bisa jadi solusi. Dengan e-reader, distribusi buku dapat makin mudah dengan biaya murah dan pada akhirnya harga jualnya pun akan turun drastis.

Namun, e-reader saja tak cukup. Konten bacaan berbahasa Indonesia turut menjadi faktor penting untuk mendorong budaya baca di masyarakat lebih luas mengingat sebagian besara penduduk Indonesia tak terbiasa berbahasa asing.

Salah satu upaya mendorong budaya baca dilakukan PT XL Axiata, operator seluler terbesar kedua di Indonesia saat ini, dengan Huawei. Keduanya mengembangkan aplikasi e-reader di perangkat tablet Huawei Ideos S7 yang tersedia di pasaran mulai Maret 2011 ini.

"Ada dua alasan kenapa XL membuat XL Baca. Pertama, Xl Baca menawarkan cara membaca dan mem-publish tulisan lebih mudah. Kedua, dengan Xl Baca bisa membuka cakrawala bangsa," kata Nicanor V Santiago, Direktur Marketing XL di Jakarta, Selasa (8/3/2011).

Ia mengatakan saat ini Xl Baca sudah didukung sejumlah penerbit antara lain Kompas Gramedia, Mizan, MRA, Tempo, The Jakarta Post, dan Tiga Serangkai. Mulai April 2011 nanti akan tersedia 25 judul majalah, 2 suratkabar, dan sedikitnya 900 judul buku. Untuk mempromosikan layanan baru tersebut, semua konten akan tersedia gratis selama 1-2 dua bulan. Xl secara khusus juga membiayai penerbitan buku trilogi Srimulat dan menyediakan format digital untuk diunduh cuma-cuma.

Tidak hanya untuk perangkat tablet saja. Mulai April, XL juga akan menyediakan layanan serupa untuk platform smartphone lainnya seperti Symbian dan Android. Layanan XL Baca menyediakan buku gratis maupun berbayar dengan sistem beli dan sewa. Hal tersebut untuk memberi pilihan bagi pengguna sesuai budget dan kebutuhan.

"Harga sewa rental mulai Rp 1000 per bulan untuk sebuah buku yang versi cetaknya dijual Rp 50.000. Rata-rata diskon sebesar 80-90 persen untuk buku cetak dan majalah dan 50-60 persen untuk koran. Jadi harga majalah dengan harga Rp 30.000 misalnya, di Xl Baca hanya Rp 10.000," jelas Damayanti Ariandini, Partnership Manager Huawei Indonesia.

Sementara itu, Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira, mengatakan hadirnya XL Baca bisa mengatasi kesenjangan informasi di daerah-daerah yang tidak terakses buku-buku berkualitas selama ini. Ia yakin seandainya layanan ini sudah masuk ke berbagai jenis smartphone akan memberi kesempatan akses pengetahuan lebih luas kepada siapa saja dengan biaya terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar